Jumat, 07 Desember 2012

4 Hal Penting Saat Presentasi GAGAL

"Tiada gading yang tak retak"

Pepatah populer tersebut memang kerap jadi andalan saat ada kejadian yang tak di duga menganggu kegiatan kita, terutama dalam kaitan kali ini, kegiatan melakukan presentasi ke pelanggan / customer.

Kegagalan pada saat presentasi berlangsung,memang sesuatu hal  sulit di hindari. Namum bila seorang presenter tidak mampu mengatasinya, maka akan semakin berakibat fatal. Seorang presenter yang baik, harus mampu menyikapi setiap kegagalan presentasi agar tetap mendapatkan hasil presentasi yang maksimal..

Bahkan, seorang Steve Jobs (alm), yang sangat di kenal dengan karisma dan gaya presentasinya, juga di hadapkan kepada kegagalan tersebut. Berikut cuplikan kegagalan tersebut yang terjadi saat demo produk Apple iPhone..



Berikut 3 hal yang bisa di lakukan saat terjadi kegagalan saat presentasi :

  1. "Stay Calm"
    Saat terjadi kegagalan, situasi akan berubah 180 derajat. Keadaan yang tadinya fokus ke materi presentasi akan mulai mengarah kegagalan tersebut. Penonton mulai berbicara masing - masing, dan mulai ikut meramaikan situasi (contoh: berteriak). Bersikaplah tenang dan tidak terlihat gugup.
  2. "Keep Talking"
    Tetap berbicara, sambil berpikir untuk menyelesaikan gangguan tersebut. Jika gangguan tidak terselesaikan segera panggil rekan Anda untuk membantu menyelesaikan. Presenter yang terdiam terlalu lama, akan memberikan ruang bicara bagi para penonton, dimana hal tersebut dapat memperkeruh suasana.
  3. "Be Honest"
    Terangkan kepada penonton, apa yang sedang terjadi dan apa yang akan / sedang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Contoh : Steve Job memberitahu kendala terjadi karena ratusan wifi aktif pada saat bersamaan sehingga mengganggu wifi pada iphone.
  4. "Control Your Audience"
    Tetap jaga situasi dan kondisi ruang presentasi Anda, agar tetap terarah ke panggung.   Lontarkan lelucon kecil agar suasana tidak kaku dan cair. Beri intruksi yang jelas dengan sopan, apabila ada hal yang perlu di lakukan oleh penonton.
Selalu ingat !!! presentasi yang baik, tidak hanya bergantung pada materi presentasi saja, tetapi bergantung juga pada bagaimana Anda mempertunjukan presentasi dengan baik dan menyenangkan... 

media presentasi steve job

Tidak ada komentar:

Posting Komentar